Selamat Datang di website resmi Desa Kalipang  

Pelatihan Penyimpanan Awan untuk Pengarsipan Berkas di Kantor Kepala Desa Kalipang

Adm | 02 Februari 2020 13:41:23 | Berita Desa | 336 Kali

Kalipang, Kab. Rembang Peserta Tim I KKN Undip 2020 di Desa Kalipang telah mengadakan Pelatihan Penggunaan Google Drive bagi Perangkat Desa Kalipang pada tanggal 24 Januari2020.  Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Kalipang pada pukul 09.30 WIB ini diikuti oleh seluruh Perangkat DesaKalipang. Pelatihan ini dipandu oleh Tendi Nugeraha Wijaya,mahasiswa Departemen Teknik Komputer, Fakultas Teknik Angkatan 2016.

Diselenggarakannya pelatihan ini dilatar belakangi olehpenyimpanan dokumen dan arsip yang belum dikelola denganbaik di Kantor Kepala Desa Kalipang. Pada saat ini, masihbanyak dokumen yang disimpan secara manual di dalam folder-folder dalam komputer masing-masing perangkat desa. Hal inimenyebabkan pelayanan administrasi desa berjalan kurangoptimal, seperti lamanya waktu tunggu warga ketika sedangmendapatkan pelayanan karena perangkat desa lupa meletakanarsip surat.

Permasalahan itulah yang membuat Tendi beserta Tim I KKN Undip 2020 berinisiatif untuk mengadakan PelatihanPenggunaan Google Drive bagi Perangkat Desa Kalipang.Dengan memanfaatkan penyimpanan awan, dokumen-dokumenpenting desa tidak lagi disimpan secara manual ke dalam folder-folder komputer, melainkan penyimpanan dilakukan ke dalamserver yang terhubung ke internet, yaitu Google Drive.

Google Drive adalah sebuah layanan Google untukpenyimpanan awan yang dapat menyimpan file-file berupadokumen, gambar, audio, ataupun video dengan kapasitassebesar 15 gigabyte. Keuntungan yang didapat jikamenggunakan penyimpanan awan adalah media penyimpananyang tidak mudah rusak, data dapat digunakan kapanpun dan dimanapun, serta data tersimpan aman.

Tendi menjelaskan bagaimana penyimpanan awan dapatmeningkatkan optimalisasi pengarsipan administrasi desa. Menurutnya, Google Drive dapat mengurangi resiko kehilanganfile karena kasus kerusakan komputer, hard disk, flash disk dan tempat penyimpanan lainnya. Penggunaan Google Drive juga dapat mengefisiensi file untuk masing-masing perangkat desa (1 file untuk Kades, Sekdes, Kaur dan Kasie). Mengenaikeamanan, Google Drive dapat membuat hak akses pada akuntertentu, sehingga bisa lebih aman dari tindakan pencurian file.

Dengan adanya kegiatan pelatihan ini, Tendi dan Tim I KKN Undip 2020 berharap dapat membantu perangkat desamengelola arsipnya menjadi lebih efisien.

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jalan raya Kalipang Sarang
Desa : KALIPANG
Kecamatan : SARANG
Kabupaten : Rembang
Kodepos : 59274
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung