Selamat Datang di website resmi Desa Kalipang  

Sosialisasi Pengenalan Suku-Suku Kebudayaan Indonesia di SD Negeri 1 Kalipang

Adm | 02 Februari 2020 08:35:36 | Berita Desa | 111 Kali

Rembang – Kamis (23/01/2020). Peserta KKN Undip melakukan kegiatan pengenalan suku kebudayaan Indonesia kepada siswa-siswi dukuh kalipang dan dukuh semanding desa Kalipang, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang khususnya di desa Kalipang. Acara dipmpin oleh Ahmad Khoirul  Manan, Mahasiswa KKN Undip yang berasal dari jurusan Antropologi Sosial. Acara dilakukan SD Negeri 1 Kalipang di ruang kelas  dan di mulai pukul 09.00 WIB. 

Acara dilakukan dengan presentasi secara langsung di depan siswa siswi kelas 5. Pada awal mulanya peserta masih bingung tentang kebudayaan suku-suku Indonesia yang berbagai ragam  banyak suku dan pulau. Kebudayaan sendiri segala sesuatu yang dihasilkan oleh akal budi manusia. Ada tiga bentuk kebudayaan, yaitu kebudayaan dalam bentuk gagasan, kebiasaan, dan benda-benda budaya. Kebudayaan juga memiliki bentuk yang beragam, dalam hal ini Manan menitik besarkan pengenalan kebudayaan suku-suku Indonesia, pakaian adat istiadat, tata cara perkawinan, kesenian dan upacara tradisi.

Kebudayaan suku-suku Indonesia yang dipresentasikan adalah pengenalan suku-suku kebudayaan Indonesia. Negara Indonesia adalah negara kepulauan. Pulau-pulau di Indonesia berjumlah 13.667 pulau besar dan kecil. Pulau-pulau itu membentang dari Sabang sampai Merauke. Sebagai contoh suku di Indonesia antara lain Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Tengger, Suku Aceh, Suku Batak, Suku Asmat, Suku Dayak, Suku Bali, Suku Sasak dan lain sebagainya.

Pakaian Adat Suku Jawa dari Yogjakarta di perkenalkan pada siswa-siswi Desa Kalipang juga. Pakaian adat jawa berhubugan dengan mempersiarkan agama islam di nusantara termasuk jawa daerah sarang. Perbedaan di arab pakaian adat islam menggunakan sorban, sedangkan di jawa dinamakan baju sorjan yang sering digunakan mempersiarkan agama islam dengan menggunakan beragam wayang, alat musik tradisi jawa berbagai daerah salah satunya pakaian wali songo, dan sampai sekarang masih digunakan dalam upacara hari-hari besar.

Siswa-siswi kelas 5 pada acara ini sangat antusias dalam materi pengenalan suku-suku kebudayaan Indonesia, siswa-siswi kelas 5 tidak sungkan dalam tanya jawab mengenai pemaparan materi yang di sampaikan. Di akhir acara, siswa-siswi mendapat ilmu baru mengenai kebudayaan suku-suku Indonesia yang telah di perkenalkan.  

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jalan raya Kalipang Sarang
Desa : KALIPANG
Kecamatan : SARANG
Kabupaten : Rembang
Kodepos : 59274
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung