Selamat Datang di website resmi Desa Kalipang  

Pengenalan Kebudayaan Jepang (Mochi, Sushi, Kimono dan Matsuri) oleh peserta KKN Undip

Adm | 31 Januari 2020 22:47:09 | Berita Desa | 221 Kali

Flowers in Chania

Rembang -- Jum'at (17/01/2020). Peserta KKN Undip melakukan kegiatan pengenalan kebudayaan Jepang kepada masyarakat desa Kalipang, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang khususnya di dukuh Nyamplung. Acara dipimpim oleh Ghaida Safina , mahasiswa KKN Undip yang berasal dari jurusan Bahasa dan Kebudayaan Jepang. Acara dilakukan di rumah ketua PKK, ibu Sri Wastuti dan dimulai pukul 15.00 WIB.

Acara dilakukan dengan presentasi secara langsung di depan pengurus dan anggota PKK. Pada awal mulanya peserta masih bingung tentang kebudayaan Jepang. Kebudayaan sendiri memiliki arti kebiasaan yang dilakukan terus menerus oleh sekelompok masyarakat di suatu daerah. Kebudayaan juga memiliki bentuk yang beragam, dalam hal ini Ghaida menitik besarkan pengenalan kebudayaan Jepang berupa kuliner, festival, dan pakaian adat.

Kuliner khas Jepang yang dipresentasikan adalah Mochi dan Sushi. Mochi di Jepang tidak sama dengan mochi yang ada di Indonesia. Tekstur Mochi di Jepang lebih lengket dan sulit dikunyah. Hidangan Mochi biasanya disantap pada tahun baru, karena dipercaya bisa memperpanjang umur. Sushi sendiri sudah dikenal masyarakat luas, bahkan di desa Kalipang, akan tetapi kebanyakan orang mengira Sushi boleh dimakan dengan digigit, sedangkan aslinya di Jepang Sushi harus dimakan dengan sekali lahap agar tidak memperpendek umur.

Pakaian adat Kimono dan Matsuri (Festival) diperkenalkan pada masyarakat Desa Kalipang juga. Matsuri atau festival berhubungan dengan perayaan masyarakat. Perbedaannya di Jepang Matsuri digelar untuk berdoa kepada dewa, sedangkan di Jawa jika ada slametan biasanya diadakan untuk mengungkapkan rasa syukur.


Warga yang datang pada acara ini sangat antusias. Warga tak sungkan untuk bertanya bila tidak paham. Di akhir acara, warga pun dapat ilmu baru mengenai kebudayaan Jepang yang telah diperkenalkan.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jalan raya Kalipang Sarang
Desa : KALIPANG
Kecamatan : SARANG
Kabupaten : Rembang
Kodepos : 59274
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung